Rumah 1 Lantai di Jogja Cipta Arsita Winedar Kontraktor Jogja Wates

Ada banyak informasi yang beredar mengenai bagaimana membuat sebuah rumah lebih hemat energi. Meski semua memang bertujuan untuk membantu, namun banyak saran yang tak praktis untuk dilakukan. Misalnya menghemat dengan cara memasang panel surya, padahal tidak semua orang mampu membeli semua peralatan untuk memasang panel surya tersebut. Mengingat hal tersebut, kami akan memberikan tips menghemat energi yang cukup hemat untuk kamu lakukan :

Periksa penggunaan energi

Jika kamu tidak yakin harus mulai dari mana untuk membuat rumahmu menjadi lebih hemat energi, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah lakukan pengecekan energi dulu. Maksudnya, kamu harus menghitung berapa banyak energi yang digunakan pada rumahmu saat ini, untuk mengidentifikasi area mana yang sekiranya terlalu boros menggunakan energi dan mencari tahu solusi dari pemborosan ini. Lalu, bagaimana cara memeriksa penggunaan energi dirumah kita? Kamu bisa menyewa tukang listrik untuk datang kerumahmu.

Segel pintu dan jendela

Jika pintu dan jendela di rumahmu cukup banyak padahal kamu sering menggunakan AC dirumah, sebaiknya periksalah. Saat menyalakan AC, biasanya untuk mendapatkan dingin di dalam ruang secara optimal, kamu akan menutup pintu dan jendela agar udara dingin tidak keluar & udara panas tidak masuk kedalam rumah hingga menyebabkan AC bekerja ekstra. Untuk itu, cek lah jendela dan pintu apakah masih terdapat rongga disekitarnya yang membuat udara dingin AC didalam ruang tidak optimal? Jika iya, mungkin kamu perlu rubber seal (karet penutup) yang dipasang pada celah pintu atau jendela.

Ganti bohlam lampu

Jika tidak memungkinkan untuk mengganti berbagai alat elektronik dengan yang hemat energi, atau mengganti sumber listrik dengan panel surya, mengganti bohlam lampu dirumah adalah salah satu cara paling mudah dan paling murah untuk menghemat penggunaan energi listrik. Dengan cara ini, setidaknya kamu akan menghemat 5% dari total penggunaan listrik biasanya.

Jenis lampu seperti apa yang hemat energi?

Lampu TL (Fluorescent)
Lampu yang dikenal dengan lampu neon ini memiliki beraneka macam bentuk. Lampu TL lebih hemat energi dibandingkan lampu pijar, karena lebih terang dan mampu bertahan hingga 15.000 jam atau setara dengan 10 tahun pemakaian dengan harga hampir 10 kali lebih mahal dari lampu pijar biasa. Sekarang ini banyak bermunculan lampu TL dengan harga lebih murah namun berkualitas rendah.

Lampu Halogen
Lampu ini memiliki bentuk dan warna yang beraneka ragam. Lampu ini biasanya digunakan untuk menerangi taman, kolam hiasan rumah, dan sebagainya.

Lampu LED
Meskipun harganya relatif mahal, lampu LED adalah lampu yang paling hemat energi diantara lampu lainnya. Lampu LED 4 watt dengan kualitas baik memiliki terang setara dengan lampu pijar 25 watt. Energi yang digunakan pun sangat kecil dan bisa menghemat listrik lebih banyak dibandingkan dengan model lainnya. Warna lampu LED pun beraneka ragam dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Lampu LED sering digunakan di outdoor maupun di indoor.

Cabut peralatan yang tak digunakan

Setelah menggunakan beberapa alat elektronik terkadang kamu lupa untuk mencabutnya kembali. Meskipun melakukan hal ini terlihat tidak akan menghabiskan banyak energi karena peralatannya tidak dinyalakan, namun alangkah lebih baik jika mencabutnya karena alat listrik yang tak dilabeli dengan “hemat energi” alat-alat ini masih akan tetap menyedot listrik meski tak dipergunakan, terutama untuk alat elektronik berdaya besar seperti mesin cuci, dan sebagainya.

Sumber : freshome.com & indalux.co.id

Apabila kamu membutuhkan konsultasi arsitek profesional, jasa renovasi atau bangun rumah dengan arsitek profesional, kami siap membantu mewujudkannya dengan Kontraktor Jogja Cipta Arsita Winedar. Kami menyediakan jasa mulai dari konsultasi, perencanaan dan renovasi maupun pelaksanaan pembangunan rumah, pembangunan kos, dan bangunan lainnya. Hubungi kami dengan scroll ke bagian bawah halaman website ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *